Strategy Konsultan Humas Media Buffet di zaman Digitalisasi

Strategy; Public Relations Consultant; Digitalization

Konsultan hubungan masyarakat semakin diperlukan bagi bisnis untuk meningkatkan hubungan masyarakat dan reputasi mereka di era digitalisasi. Konsultan Prasmanan Media didirikan pada tahun 2017 dan menawarkan layanan kepada kliennya, khususnya dalam inisiatif PR yang melibatkan media. Oleh karena itu, maksud dan tujuan Media Buffet adalah untuk mendukung pertumbuhan dan daya saing bisnis pemula.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media terhubung dengan strategi konsultan humas di era digital. menggunakan metodologi kualitatif dan metode pengumpulan data seperti wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Temuan menunjukkan bahwa di era digitalisasi, strategi hubungan masyarakat mengarah pada strategi konsultan PR yang meningkatkan kesadaran merek dan perusahaan dengan menumbuhkan kesan yang baik dan kemitraan yang solid. Dengan demikian, rencana tersebut dibuat dengan memperkuat koneksi media melalui pengembangan kemampuan komunikasi dan manajemen konten, nilai berita dari kekuatan setiap acara, kualitas siaran pers, dan strategi optimasi SEO.

Strategy Konsultan Humas Media Buffet di zaman Digitalisasi


Pendahuluan 

Munculnya industri konsultasi kehumasan yang berkembang pesat pada abad ke-20 di Amerika Serikat, tidak lepas dari semakin pentingnya kebutuhan komunikasi korporat, baik internal maupun eksternal, bagi perusahaan yang memberikan layanan pertumbuhan. Konsultan PR adalah penyedia layanan teknis dan kreatif tertentu oleh seseorang atau sekelompok orang yang melalui pengalaman dan pelatihan mereka sebelumnya telah memperoleh pengetahuan khusus dan memiliki kepribadian hukum perusahaan dalam pelaksanaan tugas-tugas ini. Pendapatan kotor atau utama yang diperoleh oleh sebuah perusahaan PR adalah gaji atau biaya profesional untuk layanan kepada klien atau klien berdasarkan kontrak konsultasi (Vusparatih, 2013). 

Humas memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga reputasi perusahaan. Fungsi humas adalah untuk menjaga hubungan baik antara manajemen antara perusahaan dan juga dengan klien atau pelanggan untuk menciptakan pemahaman dan pemahaman yang baik dalam rangka membangun citra yang baik dari perusahaan itu sendiri (Khairunniso, 2016). Jasa konsultan PR di Indonesia muncul seiring dengan perkembangan dunia bisnis, yang menyadari perlunya kegiatan PR untuk menjaga kelangsungan bisnis. Beberapa perusahaan konsultan humas yang didirikan oleh spesialis PR nasional adalah: Inke Maris PR, Fortune PR, Agrakom PR, Maverick, Intermatrix, IPM, Kiroyan Partners (Magdalena, 2010). Bahkan, kemajuan konsultan PR di Jakarta jauh lebih cepat dibandingkan kota-kota lain (Erlita, 2015). Konsultan PR adalah perusahaan yang bekerja untuk beberapa klien. Klien dapat berupa organisasi, perusahaan, individu atau kelompok yang membutuhkan jasa "layanan profesional" untuk konsultan hubungan masyarakat untuk program proyek tertentu, acara atau kegiatan yang berkaitan dengan publisitas, publikasi dan pengelolaan masalah atau isu. . Beberapa kegiatan di instansi yang terkena dampak dapat disetujui dalam bentuk review/konsultasi (konsultasi) atau perencanaan praktis (implementasi) untuk jangka waktu tertentu dengan kondisi yang disepakati kedua belah pihak (Ruslan, 2010).

Media Buffet adalah konsultan PR yang didirikan pada tahun 2017. Pendiri konsultan PR ini adalah Bima Marzuki yang juga sebagai CEO. Konsultan ini  menargetkan klien mereka  dari perusahaan start-up. Perusahaan rintisan adalah perusahaan yang masih  dalam tahap percobaan bagi perusahaan di bidang teknologi dan informasi yang sedang berkembang di dunia internet (Alrizal, 2018). Berdasarkan visi dan misi perusahaan, Media Buffet khawatir perusahaan rintisan tidak menggunakan cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan publik. Dalam hal ini berkaitan dengan media. Dalam perkembangan  era digitalisasi, tidak  sulit untuk mendapatkan informasi, karena media online dengan cepat menginformasikan kepada publik ketika terjadi sesuatu. Digitalisasi adalah proses perubahan  organisasi yang melibatkan orang, proses, strategi, struktur melalui penggunaan teknologi dan model bisnis untuk meningkatkan kinerja (Westerman, Calmejean, Bonnet, Ferraris, & McAfee, 2011). Dengan  transformasi digital ini, perusahaan akan menerapkan berbagai inovasi yang akan mengubah perusahaan yang bertujuan untuk menjalankan bisnisnya secara lebih efektif dan efisien  (Westerman, Bonnet, & McAfee, 2014).

Maka salah satu yang dilakukan oleh konsultan PR di era digitalisasi tersebut, adalah menjalin hubungan baik dengan media dengan memanfaatkan teknologi, hal ini merupakan added value tersendiri agar lebih dipercaya klien perusahaan yang menggunakan jasanya. Artinya hubungan baik dengan media akan dapat memberi peluang baik kemitraan bagi konsultan PR itu sendiri ditengah persaingan konsultan PR yang sangat kompetitif maka relationship yang baik dengan media membawa advantage bagi konsultan PR tersebut. Consultan Public Relation menekankan dalam memberikan pelayanan konseling serta perencanaan strategis yang profesional dibandingkan dengan taktik komunikasi yang diciptakan agen pers dan agen publisitas (Cutlip, Center, and Broom, 2011). Karena pekerjaan Public Relations sebanyak 80 dalam pelaksanaan kegiatan PR nya berhubungan dengan media. Maka riset ini memfokuskan pada bagaimana Strategi Konsultan Public Relations di era digitalisasi dalam kaitan dengan media? 

Metode Penelitian 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif dapat membantu untuk memahami esensi dari peristiwa tertentu. Dengan demikian, dalam penelitian ini tidak hanya berfungsi untuk memenuhi keinginan peneliti akan penjelasan/interpretasi, tetapi juga dapat membantu untuk mendapatkan penjelasan yang lebih mendalam. Oleh karena itu, peneliti harus mempersenjatai diri dengan pengetahuan yang memadai tentang masalah yang mereka selidiki.

Dalam pengumpulan data peneliti melakukan teknik wawancara mendalam dengan mengumpulkan data atau informasi dengan cara bertatap muka langsung dengan key informant dan para informant agar mendapatkan data lengkap dan mendalam. Wawancara dilakukan dengan berulang-ulang secara intensif (Ardianto, 2011). Penelitian ini menggunakan 1(satu) orang informan kunci (Key informant) dan 2(dua) orang informan. Dalam penelitian ini, peneliti diwajibkan untuk menyerap pandangan menurut informan itu sendiri dengan cara mengumpulkan data berupa cerita rinci dari informan yang diungkapkannya apa adanya, sesuai dengan bahasa dan pandangan informan (Harnawansyah, 2019). 

Dalam pengolahan data, penulis mulai mengolah data sementara yang dikumpulkan dan kemudian data yang dipeoleh dilakukan analisis data secara bersamaan. Pengolahan data dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan interpretasi data serta penarikan kesimpulan. 

Sedangkan  teknik validasi data melalui triangulasi, dalam penelitian ini penulis menggunakan triangulasi sumber dan  metode. Triangulasi sumber dilakukan dengan cara membandingkan atau menegaskan kembali tingkat keandalan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber. Sedangkan triangulasi metode adalah upaya untuk memverifikasi keabsahan data atau memverifikasi keabsahan penelitian. Triangulasi metode dapat dilakukan dengan teknik yang sama. Triangulasi  menggunakan kombinasi  sumber data dan metode triangulasi metode seperti lingkaran (Anggito dan Setiawan, 2018). Siklus dapat dimulai dengan mencari sumber data apa saja dan kemudian diperiksa menggunakan sumber lain dengan metode lain.

Hasil dan Pembahasan 

1. Sejarah Singkat Prasmanan Media  

 PT. Communication Integrity, juga dikenal sebagai perusahaan konsultan PR, adalah perusahaan baru di dunia konsultasi PR. Pendirinya adalah Bima Marzuki, yang memiliki pengalaman sebagai reporter dan pembawa berita di berbagai media nasional Indonesia seperti Kompas TV, SCTV, Berita Satu dan lain-lain. Selama menjadi jurnalis, Bima Marzuki menyaksikan lahirnya perusahaan-perusahaan startup di Indonesia seperti Gojek, Bukalapak, Tokopedia, Olks dan lain-lain. Dia melihat hubungan yang lemah antara bisnis dan publik dan tampaknya macet. Oleh karena itu, lambat untuk memperkenalkan merek perusahaan kepada publik. Sementara itu, startup ini menjadi pemain ekonomi di Indonesia. Masalah lain muncul ketika banyak konsultan PR yang enggan membantu startup karena layanan mereka terbatas. Melihat fenomena tersebut, Bima Marzouki berani mendirikan konsultan Humas bernama Media Buffet pada tahun 2017. Pada awalnya perusahaan ini hanya memiliki satu asisten, pelanggan pertama pada tahun 2017 adalah Tokopedia yang menghadapi masalah manajemen krisis. Setelah pendekatan yang tepat ke Tokopedia, nama Media Buffet meledak dan menarik banyak perusahaan lain yang menyewa jasa konsultan PR Media Buffet, seperti Viu, Google, Amartha, Kormo, Paxel, ZAP dan lain-lain. 

Konsultan Humas Media Buffet, khususnya, memiliki visi: memajukan industri startup di Indonesia dan membantunya tumbuh dengan baik. Meskipun misinya adalah membantu startup berkomunikasi dengan baik dengan publik, membantu startup mempromosikan merek mereka, dan membantu startup membangun hubungan  baik dengan media player.

2. Strategi  Media Buffet Konsultan PR di Era Digital 

Di era digitalisasi, strategi konsultan PR umumnya lebih banyak berbasis media  internet. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan  positif, membangun hubungan yang baik dan meningkatkan visibilitas merek (juga organisasi). Konsultan humas menggunakan bantuan media online, apalagi dengan berbagai manfaat. Tren PR di Indonesia adalah 80. Dalam pelaksanaan kegiatan Humas terkait media, hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Media Buffet yang pendirinya berlatar belakang jurnalistik. Media adalah mitra PR  konsultan untuk melakukan tugasnya. Konsultan PR adalah  perusahaan yang bekerja untuk sejumlah klien dan sering mencakup berbagai industri, meskipun salah satu karakteristik konsultan PR modern adalah mereka berspesialisasi dalam bidang tertentu. Konsultan PR tidak hanya menjalankan kampanye, mereka juga  membantu merancang dan mengukur keberhasilan mereka (Morissan, 2008). 

Melihat kebutuhan akan PR semakin tinggi dan persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat, Public Relation dituntut untuk dapat menjalin komunikasi dan Relations di semua aspek baik internal perusahaan maupun eksternal perusahaan. Tujuan menjalin hubungan yang baik dengan eksternal perusahaan agar informasi dari perusahaan untuk publik dapat cepat terjalin dan meminimalisir kemungkinan krisis karena salahnya informasi yang diterima publik. Selain seorang Public Relations Officer dituntut untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan seluruh stakeholder, PR juga harus memiliki analisa dan kepekaan yang kuat agar dapat menciptakan kegiatan-kegiatan yang dapat membantu perusahaan meraih simpatik publik, atau sekedar mempromosikan diri di hadapan publik. Komunikasi yang dijalin dalam hal ini adalah dengan stakeholder media adalah two way communications, sebagaimana yang disebut sebagai Model Two-Way Symetric. Dalam model ini, PR menerapkan komunikasi dua arah timbal balik, di mana organisasi yang dalam riset ini adalah Konsultan Media Buffet dengan Media sebagai mitra yang berupaya untuk mengadaptasikan dirinya untuk kepentingan bersama. Terbuka untuk  negosiasi untuk menciptakan hubungan jangka panjang. Komunikasi bertindak sebagai sarana negosiasi dan kompromi dalam mencapai solusi win-win untuk masalah. 

PR Consultant Media Buffet menganggap media sebagai sahabatnya lebih dari  rekan kerjanya, bahkan tidak segan-segan mengundang wartawan ke pesta atau  konser bersama. Inilah sebabnya mengapa "Media Buffet" menciptakan situasi yang sangat nyaman di mana jurnalis juga beralih ke konsultan PR Media Buffet sebagai teman mereka. Hal ini berdasarkan kesaksian Informan One selaku konsultan PR Media Buffet yang menjelaskan bahwa media relations terbagi menjadi dua bagian, yaitu yang tujuannya untuk perusahaan dan yang tujuannya lebih sempit atau lebih sempit. hubungan  yang bisa dalam bentuk chatting atau hangout. Biasanya, konsultan PR Media Buffet menggunakan teknologi chat untuk membangun hubungan pribadi dengan media, dimulai dengan semacam  doa ulang tahun, misalnya. Jadi, misalnya suatu peristiwa tertentu terjadi seiring waktu, hubungan yang ada akan seperti persahabatan yang erat. 

Reporter utama menjelaskan hal yang sama: "Jika ini adalah ulang tahun seorang media, kami memberikan hadiah yang sesuai atau setidaknya ucapan selamat ulang tahun dan berbicara dengan orang media. Bicara bersama. Bukan untuk kepentingan perusahaan.

Jadikan saja mereka sebagai teman kita." Ketika  yang disebut media relationship terbentuk, hubungan ini menjadi hubungan komunikasi dua arah (two-way communication). Selain itu, reporter kunci menjelaskan bahwa banyak  wartawan  kemudian bertanya melalui WhatsApp dan. , apakah ada startup baru yang perlu diliput, dll. Jadi  wartawan sebenarnya meminta bantuannya. Jadi hubungan tidak hanya transaksional. Selain itu, seorang reporter kunci menjelaskan bahwa  konsultan media buffet dapat menghadiri suatu acara. , karena, misalnya, konser bersama. Dia memiliki hubungan dekat dengan  media. 

 Posisi media humas pihak ketiga (klien) informasi perusahaan sangat penting untuk pembentukan citra mereka di depan publik. Hubungan  tidak hanya sebatas hubungan kerja, tetapi juga mencakup hubungan  yang stabil dan seimbang melalui persahabatan wartawan. 

 Media Buffet adalah konsultan PR yang menangani perubahan tren PR menuju digitalisasi. Dalam proses digitalisasi ini, proses dan semua data dalam format digital,  memungkinkan organisasi untuk memantau dan mengontrol kinerjanya secara lebih akurat menggunakan Key Performance Indicators (KPI). Semua informasi bisnis utama dapat dengan mudah dibagikan ke seluruh organisasi untuk meningkatkan transparansi dan dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan. Oleh karena itu, mereka memiliki berbagai pilihan untuk membantu perusahaan menciptakan kesadaran merek di kalangan masyarakat umum. Key reporter juga mengatakan bahwa banyak PR yang hanya melakukan pekerjaan rutin, banyak dari mereka  yang tidak mengerti bahwa pekerjaan PR sangat erat kaitannya dengan media, dan sekarang memasuki era digital, cerita yang terbentuk mempengaruhi Search. halaman google.

Penjelasan Key Informant sebagai berikut: 

“Kalau skup nya di Indonesia PR itu sebenarnya masih tradisional, artinya 80% kerjaan PR itu masih lewat Publisitas Media, 20% nya bisa di bagi ke internal komunikasi, Komunitas, Sedikit social media dan Kris. Jadi porsinya masih sangat kecil, di Indonesia kerjanya masih tradisional tapi mau merangkak ke digital. Makanya banyak pembahasan terkait  Big Data. Tapi yang terjadi adalah itu semua masih pembahasan, karena mostly PR di Indonesia biasanya aja masih belum paham. Contohnya Pitch Story, mendefinisikan media Relation itu seperti apa, membuat konten yang news valuenya dapat tapi juga yang mau di jual perusahaannya itu dapat.” 

Media Buffet berusaha memahami kebutuhan kegiatan PR saat ini dengan menganalisa suatu kegiatan strategi yang dirancang juga melalui pembahasan konten digitalnya, bagaimana narasi pemberitaan ini dapat muncul dihalaman pertama google pencarian. Bagaimana kita mengetahui apa yang orang pikirkan di media sosial melalui mendengarkan sosial? Karena  krisis kehumasan saat ini banyak yang bersumber dari media sosial, misalnya Tokopedia, Traveloka. Apa PR digital  yang mendorong konsultan Media Buffet untuk membuat strategi PR untuk meningkatkan reputasi dan pengaruh di platform digital? Begini cara Media Buffet menggabungkan iklan media sosial dengan strategi optimasi SEO. 

Manfaatnya adalah mengidentifikasi potensi masalah terkait merek online, respons dini terhadap masalah untuk mencegah krisis, diseminasi konten untuk meningkatkan kesadaran publik. Menurut salah satu informan kunci: 

“Analisisnya banyak. Pertama, kami mendengarkan dengan seksama, kami mendengarkan perusahaan seperti apa yang Anda inginkan dan  seperti apa situasinya dari luar. Kemudian kita harus memeriksa dengan orang asing untuk melihat apakah ini masalahnya atau tidak. Misalnya, kami memeriksa seperti apa proses digital mereka dengan alat dan kemudian memeriksa pendapat mereka tentang publik dengan alat itu. Atau dari media atau dari mulut ke mulut. Kita juga analisa perusahaan mereka seperti apa industri mereka seperti apa nantinya akan mengerucut ke beberapa kesimpulan dan nantinya akan dibuat sebagai strategi. Dari itu semua kita bisa tahu SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats) bagaimana sebagai dasar strategi PR- nya.” 

 Media Buffet melakukan publisitas dalam upaya pengelolaan relasi yaitu mengelola relasi dengan media massa sebagai institusi dan wartawan sebagai pekerja media massa, dengan cara Media Buffet melakukan hubungan personal dengan media dan terus memberikan informasi kepada media setiap satu bulan dan berupaya pengelolaan relasi dengan media berjalan dengan baik. Kemudian Media Buffet juga mengembangkan Strategi: (1) terus mengembangkan materi PR untuk media massa, (2) menggunakan berbagai media yang ada untuk menyampaikan pesan kepada publik, (3) membangun dan memelihara kontak dengan media massa, (4) memposisikan organisasi sebagai sumber informasi handal untuk media massa, (5) memposisikan pimpinan organisasi sebagai juru bicara, (6) selalu berkoordinasi dengan bagian-bagian lain dalam perusahaan sehingga selalu mendapatkan informasi mutakhir. 

Penuturan informan kedua, selaku wartawan yang memiliki kedekatan dengan Media Buffet, perbedaan pada aktivitas Media Relations yang dilakukan oleh Media Buffet dan Konsultan lain. Lebih jauh informan 2 ini menggambarkan Media Buffet sebagai konsultan PR yang friendly dan berbeda dari konsultan lain. 

Dia mengatakan dalam wawancaranya: “Sebenarnya, dari awal, media email Media 

Buffet berbeda. Mereka cenderung menggunakan teks email untuk menyambut media, jadi itu seperti standar. Adapun yang lain, Anda dapat melihat bahwa mereka memberikan undangan, hanya undangan, tidak ada siaran pers, hanya cinta." Keterampilan manajemen konten yang baik diperlukan di sini. 

Bagaimana konten  konten komunikasi dikelola untuk informan kunci dijelaskan di bawah ini. . : 

"Ya, pertama-tama dapat disimpulkan dari cara kita berkomunikasi bahwa cara kita berkomunikasi  tidak ada hubungannya dengan banyak orang. Tapi kita harus mengatakan satu orang, tapi banyak. Misalnya, banyak orang menggunakan ungkapan halo teman media. Nah, di sini mereka mengumumkan. Bahasa jelas berbeda ketika kita berbicara dengan mereka,  dan bahasa adalah cara kita  berbicara. Misal kita bertemu dulu: “Halo Mas, bla bla, saya Bima dari 

Media Buffet,  saya melihat Anda menulis artikel ini kemarin, saya tertarik untuk mengundang Anda ke acara ini dan di acara ini Anda akan menerima informasi. di lalala... nanti saat mereka menjawab dan jika anda berminat, kami akan menjawab seperti ini: perkenankan saya pak, saya akan mengirimkan undangan. Wah banyak juga yang fatal Konsultan PR melakukan undangan media hanya dengan mengirim flyer saja.” 

Kedekatan Wartawan dengan Konsultan PR Medi Buffet dijelaskan oleh informan 2 yaitu; “Rasanya kalau dikasih salam dan lain-lain itu, ya pasti mereka trying to friendly ke media. Karena kan gimana juga media ini rekanan konsultan PR jadi ya hubungannya mesti dijaga banget lah.” Jadi Media Buffet selalu mencoba menciptakan kesempatan lain dari mitra-mitra kliennya. Kemudian dengan cara seperti ini memberi kesempatan untuk menawarkan kerjasama antara kliennya dengan media. Jadi cara komunikasinya baik dengan medium komunikasi seluler ataupun langsung dengan cara mendekat dengan personal approach. 

Maka dapat dikatakan bahwa strategi konsultan secara umum dilakukan dengan cara membangun hubungan dengan media yang lebih intens dengan mengembangkan skill dana komunikasi pada managemen konten, kekuatan pada News Value dari tiap Event, kualitas Press Release. Peran media relations atau hubungan media. Media relations sebenarnya merupakan bagian dari fungsi PR yang perlu dilakukan dengan sempurna. Hubungan ini dapat memberikan keuntungan seperti: B. Memperkuat pemahaman  tugas dan tanggung jawab perusahaan dan media massa, menciptakan rasa saling percaya yang saling menguntungkan, sebagai sarana efektif untuk memperoleh informasi yang akurat dan jujur, sehingga  informasi dan pengetahuan bermanfaat untuk dapat dipresentasikan kepada masyarakat. Strategi media promosi media dengan strategi optimasi SEO  dan pembuatan key story untuk perusahaan klien. Ini adalah kumpulan strategi pemasaran internet untuk mendapatkan situs web klien di halaman pertama Google. SEO  erat kaitannya dengan cara kerja algoritma Google.

Ringkasan 

Media Buffet adalah salah satu konsultan PR yang didirikan pada tahun 2017. Pendiri konsultan PR ini adalah Bima Marzuki yang juga sebagai CEO. Konsultan ini menargetkan klien mereka dari perusahaan start-up. Di era digitalisasi, customer service khususnya dalam kegiatan Humas, terutama yang berhubungan dengan media, mengingat hingga 80 jam kegiatan Humas terkait dengan media. Strategi ini didasarkan pada membangun hubungan yang lebih dalam dengan media melalui pengembangan komunikasi dan manajemen konten, kekuatan inovatif dari setiap acara, kualitas siaran pers bersama dengan strategi optimasi SEO. Hubungan tersebut dapat memberikan keuntungan sebagai berikut: B. Mengembangkan pemahaman tentang peran dan tanggung jawab bisnis dan media, membangun rasa saling percaya dan saling menguntungkan.