Pengertian Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Promotion Mix, Definisi Periklanan, Proses komunikasi Periklanan, Profil Organisasi, Analisis Situasi
Pengertian Pemasaran, Komunikasi Pemasaran dan Promotion Mix
Pemasaran adalah kegiatan menyebarluaskan kepada kepada tengah-tengah masyarakat menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sedjadi mendefinisikan bahwa pemasaran mengandung arti semua usaha atau aktivitas dalam menyampaikan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen, yang mana kegiatan tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dalam cara tertentu disebut pertukaran.
Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication)
Pengertian dari komunikasi pemasaran yaitu sarana di mana perusahaan berusaha untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung mengenai produk dan merek yang mereka jual.
Promotion Mix
Pengertian Promotion Mix yaitu sebuah strategi yang menggabungkan berbagai macam metode marketing dalam rangka mencapai sebuah target pemasaran tertentu. Adapun metode yang dimaksud diantaranya seperti advertising (pengiklanan), sales (Penjualan), Public Relations (Hubungan Masyarakat), dan Direct Marketing.
Definisi Periklanan, Peran dan Manfaatnya
Periklanan yaitu penggunaan media untuk memberitahukan kepada konsumen tentang sesuatu dan mengajak mereka untuk melakukan sesuatu. Dari kacamata seorang konsumen, iklan merupakan sebuah sumber informasi atau hanya suatu bentuk hiburan.
Manfaat Periklanan
- Meningkatkan prospek konsumen agar mengetahui manfaat dari produk dan jasa yang ditawarkan.
- Membantu dalam membangun dan mempertahankan identitas perusahaan.
- Memancing minat konsumen untuk membeli produk dan jasa jadi lebih banyak.
- Memikat konsumen baru untuk menggantikan konsumen lama yang sudah menghilang.
Pengertian Promosi Penjualan dan Manfaat Promosi Penjualan.
- Apa yang di maksud dengan promosi penjualan?
Promosi penjualan ialah suatu teknik penawaran sebuah produk dalam bidang bisnis.
Manfaat Promosi Penjualan
- Membangun branding
- Memperkenalkan produk baru
- Untuk merangkul pelanggan baru.
Pengertian Humas dan Publikasi, Peran serta Manfaatnya
- Pengertian Humas. Humas merupakan singkatan dari Hubungan masyarakat dalam bahasa Inggris di kenal dengan sebutan Public Realations yang mana maksudnya adalah praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dengan masyarakat luas.
- Publikasi. Maksud dari publikasi yaitu setiap tindakan atau rancangan/desain produk yang menarik perhatian khalayak ramai, contohnya informasi yang memiliki nilai berita sehingga menarik perhatian dan dukungan khalayak.
Peran dari Humas adalah :
- Menjalin hubungan dengan public
- Membangun citra positif
- Meningkatkan eksistensi
- Menjaga komunikasi internal perusahaan.
Pengertian dari Penjualan Personal adalah sebuah metode atau cara penjualan yang dipersonalisasi dengan menggunakan interaksi dari orang-ke-orang, antara perwakilan penjualan dan calon pelanggan untuk memengaruhi keputusan pembelian pelanggan.
Pemasaran langsung atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Direct Marketing. Maksudnya adalah bagaimana Anda melahirkan suatu kontak langsung dengan pelanggan Anda dan pelanggan potensial Anda dalam melakukan kampanye iklan atau produk.
- Manfaat Pemasaran Langsung :
- Calon pelanggan sudah tertarget
- Anggaran pemasaran yang lebih efisien.
- Menaikan loyalitas pelanggan.
- Membantu terciptanya bisnis baru.
Proses komunikasi Periklanan
Makna dari komunikasi periklanan adalah penyampaian pesan penawaran tentang sebuah produk, jasa atau ide kepada khalayak (konsumen) dengan menggunakan media masa atau media lainnya yang dibayar untuk memengaruhi khalayak sehingga menggunakan produk, jasa atau ide yang ditawarkan.
Proses komunikasi periklanan merupakan step by step peristiwa yang timbul dalam komunikasi periklanan. Dalam proses komunikasi tersebut mencakup beberapa unsur komunikasi diantaranya source (Produk, Jasa atau Ide), Massage (iklan), Channel (saluran).
Nah demikian sudah di uraikan tentang pengertian Pemasaran, Komunikasi Pemasaran dan Promotion. Selanjutnya mari kita lihat Perancangan Kampanye Periklanan yang di pakai PT The Green Jugs.
Profil Organisasi dan Analisis Situasi
Dalam kajian ini yang menjadi objek bahasan adalah PT The Green Jugs.
PT. The Green Jugs merupakan perusahaan prdodusen vacum cleaner, robot vacuum cleaner, sapu dan pengki yang berasal dari Indonesia.Selain dari produk tersebut mereka juga memproduksi berbagai barang yang berkaitan dengan kebersihan. Perusahaan ini menggeluti bidang perdagangan alat kebersihan dengan dukungan tenaga ahli yang profesional di bidangnya.
Berdiri pada tanggal 3 Januari 1998 oleh dua orang pemuda yang berbakat. Yang mana kedua anak muda tersebut berasal dari daerah Bogor Jawa Barat dan DKI Jakarta. Adapun produk yang pertama kali mereka keluarkan adalah sapu lidi. Pada tahun 1999 produk mereka laris terjual di pasaran dan berhasil menjual sebanyak 14 juta unit sapu lidi.
Beberapa tahun kemudian, bertepatan di tahun 2001 PT. The Green Jugs kembali meluncurkan produk baru yakni sapu dan pengki. Namun produk ini kurang diminati di pasaran dan hanya lagu terjual sebanyak 100ribu unit saja.
Pada tahun 2010 PT. The Green Jugs kembali mengeluarkan produk baru yaitu tong sampah dengan pembuka tutup otomatis. Produk ini menarik perhatian konsumen dengan capaian penjualan sekitar 50 juta unit tong sampah dan bahkan menyuplai ke beberapa daerah.
Dua tahun kemudian bertepatan di tahun 2012 PT. The Green Jugs kembali meluncurkan produk baru berupa kantong daur ulang sampah, namun produk ini tidak bertahan lama disebabkan karena kurangnya peminat dan juga bahan yang dipakai terbuat dari plastik yang bisa menimbulkan bencana alam.
Analisis Situasi
Kondisi Pasar
Kehadiran kantong daur ulang sampah membangkitkan kembali semangat PT. Green Jugs untuk kembali turut bersaing di segmen kebersihan. PT. The Green juga berhadap dengan munculnya produk tersebut dapat merebut kembali konsumen mereka yang sudah lama menghilang. Butuh waktu sekitar tiga tahuan bagi PT. The Green Jugs untuk kembali menghidupkan produk ini.
Produk tersebut sekarang hadir dengan menggunakan bahan yang berkualitas dan juga ramah lingkungan. Adapun bahan baku yang di pakai berasal dari kain.
Akhirnya di tahun 2015 munculah produk dengan nama kantong ramah lingkungan. Namun produk ini tidak di rancang dan produksinya juga tidak di Indonesia. Produk ini merupakan hasil import dari negara tetangga yang Malaysia.
Perilaku Konsumen
Dari beberapa survey yang di lakukan, terlihat hal yang paling besar mempengaruhi pembeli adalah minat, kesadaran akan lingkungan, gaya hidup sehat. Karena tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat supaya terhindar dari banyak penyakit atau virus.
Aspek Pemasaran
Produk
Kantong ramah lingkungan yang diproduksi PT. The Green Jugs ini mengandung beberapa bahan sehingga kualitasnya kuat dan tahan lama seperti kain yang telah di campur dengan bahan karet. Dengan percampuran bahan tersebut membuat produk ini menjadi kuat dan elastis. Terdapat dua jenis ukuran dari produk ini yaitu ukuran kecil 60 x 100 cm dan ukuran jumbo yaitu 90 x 120 cm.
Harga
Harga yang ditawarkan oleh PT. The Green Jugs pada kantong ini sangat beragam, untuk kantong dengan ukuran kecil harganya Rp. 50.000,- dengan isi 10 pcs dalam pack. Sedangkan untuk ukuran besar patokan harganya adalah 100.000, isi 10 pcs dalam 1 pack.
Tempat Distribusi
PT. The Green Jugs mendistribusikan produknya ke beberapa tempat seperti, toko peralatan kebersihan, pasar tradisional, mini market, dan juga super market. Disamping itu PT. The Green Jugs juga membuka beberapa toko online di beberapa market place seperti Bukalapak, TokoPedia, dan Shopee yang mengkhususkan menjual produk sendiri.
Promosi
Dalam hal promosi PT. The Green Jugs membuat sebuah pameran dengan mengusung tema produk ramah lingkungan. Produk di pamerkan cara penggunaannya dan memberi endors kepada selegram, mengirim produk ke brand ambassodr.
Kompetitor dan deferensial produk
Yang menjadi pesaing dari PT. The Green Jugs diantaranya : Telobag dan Rakuzen.
Analisis SWOT
Strength (kekuatan)
* Produk tas daur ulang ini merupakan sebuah produk yang memberikan keindahan dengan mengangkat nilai jual sebuah limbah menjadi barang yang memiliki harga jual. Bahan-bahan yang diperlukan relatih mudah terjangkau.
* Produk yang ditawarkan bersumber dari keterampilan berkreasi dengan mengubah limbah menjadi sesuatu produk yang memiliki harga jual yang terjangkau.
* Bahan baku yang di perlukan untuk pembuatan tas daur ulang ini banyak tersedia dan harganya masih relatif murah serta memiliki jenis yang beranekaragam sehingga konsumen dapat memilih sesuai trend.
Weakness (Kelemahan)
* Pengalaman untuk membuka usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kendalata atau tantangan yang perlu di atasi.
* Kurangnya strategi dalam pemasaran menjadi kendala dalam menekuni usaha, hal ini disebabkan tas daur ulang bukanlah merupakan kebutuhan pokok, jadi untuk mengatasi hal tersebut perlu strategi yang lebih baik lagi.
Opportunities (Peluang)
* Peluang usaha tas daur ulang mulai menarik minat para pengusaha. Peluang usaha tas daur ulang bahkan mampu menawarkan keuntungan yang besar. Sekarang banyak sekali orang yang cenderung akan tas daur ulang yang bermacam-macam bentuk dan warna. Ada yang dijual secara online shop atau di home industri. Konsumen bisa mendapatkan tas daur ulang dengan kisaran harga Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000 yang mana desainnya beraneka bentuk.
Threats (Ancaman)
* Munculnya usaha yang memproduksi produk serupa, namun dengan harga yang lebih rendah, serta konsumen yang berfikir realistis akan berfikir bahwa daur ulang merupakan kebutuhan tambahan sehingga patut dipertimbangkan kembali sebelum membeli produk tersebut.