Ciri Bahasa Iklan Yang Bagus dengan Menggunakan Slogan, Kalimat Persuasif, Menggunakan Objek Orang Pertama

Ciri-Ciri Bahasa Iklan

Bahasa iklan disamping memiliki struktur, iklan juga menampilkan bahasa tersendiri. Inilah yang menjadi pembeda antara iklan dengan teks-teks lainnya. 

Iklan memiliki ciri-ciri khusus diantaranya :

1. Menggunakan Slogan

Slogan merupakan kalimat atau perkataan yang gampang diingat, mencolok serta menarik dalam menyampaikan sesuatu pesan. Secara umum slogan terdiri dari empat hingga lima kata yang pendek, mudah diingat dan tentunya menarik, supaya orang yang membaca atau melihat bisa dengan mudah menangkap pesannya secara langsung.

Slogan di dalam iklan terdiri dari susunan kata atau pernyataan yang menjelaskan secara singkat, padat sebuah produk atau jasa layanan,  dengan demikian publik akan tertarik dan terus ingat, terlebih lagi kalau menjadi sesuatu yang viral. Dengan Slogan yang bagus bisa membuat sebuah produk menjadi terkenal dan otomatis tingkat penjualannya juga semakin meningkat. Slogan bisa juga digunakan pada saat-saat kampanye, contohnya kampanye anti korupsi, anti narkoba serta kampanye pemilihan kepala daerah.

Kalimat atau kata-kata dalam slogan harus mengandung unsur kreatif, tidak ketinggalan jaman dan tidak terlalu mainstrem. Slogan bisa dibilang sukses atau berhasil, jika orang hanya dengan mendengar saja slogannya langsung tahu produknya apa, dan pesan dari slogan itu apa.

2. Kalimat Persuasif


Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan untuk membujuk dan meyakinkan pembacanya supaya menerima atau melaksanakan gagasan dari sang penulis. Ada beberapa kalimat persuasif yang mungkin sudah sering kali kita dengar, seperti kata murah, handal, cepat, kuat, dan lain sebagainya.

3. Menggunakan Subjek Orang Pertama

Dalam teks iklan umumnya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak. Seperti saya, aku dan kami. Untuk mengganti pihak institusi atau organisasi biasanya menggunakan subjek “kami”. Kenapa demikian? Tujuannya supaya teks iklan terlihat lebih hidup dan tidak monoton.
Ciri Bahasa Iklan Yang Bagus dengan Menggunakan Slogan, Kalimat Persuasif, Menggunakan Objek Orang Pertama